Minggu, 04 Februari 2018

Pantai Pasir Putih Pulau Benteng Lodewijk Mengare Gresik

Mengare merupakan salah satu desa di kabupaten Gresik yang letaknya di daerah pesisir. Secara administratif Desa Mengare termasuk bagian dari Kecamatan Bungah dan berbatasan langsung dengan laut. Sebagaian besar masyarakat di tempat ini berprofesi sebagai nelayan. Desa Mengare berada di daerah yang agak jauh dari pusat keramaian. Jarak menuju ke tempat ini berkisar 5 Km dari Jalur Pantura. Keberadaan desa ini mungkin tidak begitu banyak yang mengetahuinya. Namun potensi destinasi wisata yang berada di tempat ini menjadi daya tarik sendiri. Potensi wisata yang dimiliki diantaranya adalah bukti peninggalan sejarah bangsa (Benteng Lodewijk) dan potensi pantai yang masih alami dengan hutannya yang tidak berpenghuni.

pantai benteng lodewijk mengare
Salah satu potensi wisata yang akan saya eksplor adalah Pantai Benteng Lodewijk. Pantai ini berada di satu lokasi dengan bangunan bersejarah Benteng Lodewijk. Akses untuk menuju ke lokasi ini hanya dapat dijangkau melalui jalur laut. Sehingga untuk mengunjunginya kita harus menyewa kapal dari warga sekitar pesisir.

pantai benteng lodewijk mengare
Pantai Benteng Lodewijk
Perjalanan yang ditempuh untuk sampai di tempat ini memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu nelayan. Kondisi air laut disini tidak begitu jernih, hal ini dikarenakan sebagian besar dasar laut merupakan lumpur sehingga lautnya keruh berwarna coklat.


Setelah menyusuri lautan akhirnya kita disambut oleh hamparan pasir putih dengan hutan hijau yang lebat disekelilingnya. Hamparan pasir putih yang terdapat di pantai ini ternyata didominasi oleh tumpukan cangkang kerang beragam dan sebagaian besar berwarna putih. Berada di tempat ini kita seakan menjadi pemilik dari pulau ini. Di daerah ini kita tidak akan menjumpai orang sama sekali karena memang tempat ini tidak berpenghuni.

pantai benteng lodewijk mengare
Pantai Benteng Lodewijk
pantai benteng lodewijk mengare
Pantai Benteng Lodewijk
pantai benteng lodewijk mengare
Pantai Pasir Putih
Kondisi pantai di tempat ini masih sangat alami, hampir di setiap sudut pantai tidak terdapat sampah plastik ataupun sampah rumah tangga lainnya. Penghuni asli dari tempat ini adalah sekumpulan kera-kera liar dan binatang lainnya. Jika kita beruntung maka kita akan melihatnya, namun untuk bisa melihatnya kita harus masuk agak kedalam area hutan.
Pantai Benteng Lodewijk yang sangat alami merupakan potensi wisata yang dapat dikembangkan untuk menarik para pengunjung agar mengenal lebih dalam tempat ini. Dengan pengelolaan yang baik dan peningkatan berbagai infrastruktur penunjang lainnya adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan minat para wisatawan untuk mengunjungi pantai ini.

Update Terkini

Melihat banyaknya wisatawan yang mengunjungi tempat ini, ternyata harapan dari kami ketika mengeksplor tempat wisata di Mengare agar menjadi potensi destinasi wisata di Gresik khususnya di daerah Mengare terwujud. Hal ini terlihat dari perubahan kondisi pantai yang dinamai "EXOTIC MENGARE".

Selain perubahan nama tersebut, kini di media sosial juga banyak bermunculan foto-foto hits dan instagramable dari tempat ini. Dan semoga dengan terkenalnya tempat wisata exotic mengare ini dapat membantu perekonomian warga sekitar. Dilain pihak besar harapan juga kalau nantinya kondisi dari wisata ini tetap terjaga dan lestari seperti pada saat kami mengeksplor tempat ini.


EmoticonEmoticon